SKU Penegak Bantara (1) : Agama Islam

 


Penegak Bantara merupakan golongan yang diharus ditempuh oleh seorang Pramuka yang berusia 16-20 tahun dengan ketentuan memenuhi kompetensi sebagaimana yang tercantum dalam SKU Penegak Bantara. Bantara sendiri memiliki filosofi sejarah yaitu dikaitkan dengan Tentara Keamanan Rakyat dalam hal ini Bantara merupakan prajurit. Seorang Pramuka dapat memenuhi SKU Penegak Bantara apabila telah diterima sebagai Tamu Ambalan atau Tamu Penegak dan ditetapkan sebagai Calon Tegak. Apabila belum memenuhi SKU Penegak Bantara maka orang tersebut belum bisa dikatakan sebagai Pramuka Penegak.

Selanjutnya kita mulai pembahasaan pertama

  1. Agama Islam

Salah satu hal yang harus diutamakan dalam kepramukaan adalah spiritual dimana seorang anggota Pramuka harus mampu memahami dan mengamalkan agama yang sedang dianutnya. meskipun demikian anggota Pramuka tidak boleh mencela agama lainnya. Indonesia sendiri merupakan negara degan penduduk muslim terbanyak di dunia. 

Sebenarnya apa itu agama? Salah satu kewajiban anggota Pramuka adalah memiliki agama dan wajib pula memepercayai Tuhan sebagai pencipta alam semesta sesuai dengan poin pertama Dasa Darma Pramuka. Secara Etimologi, istilah agama merujuk dari bahasa Sanskreta yang bermakna suatu tradisi atau tidak kacau karena berasal dari kata a dan gama. Agama juga dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan aturan yang dapat mengarahkan manusia dalam arah dan tujuan tertentu yang baik dan benar. Menurut KBBI, agama merupakan suatu sistem yang mampu mengatur tata keimanan dan kepercayaan serta ibadah pada Tuhan Yang Maha Kuasa disertai dengan tata kaidah yang berkaitan langsung dengan ciri pergaulan manusia dengan manusia lainnya ataupun manusia dengan lingkungan sekitarnya. Agama-agama tertentu serta kepercayaan tertentu banyak mempunyai narasi, dan simbol serta sejarah suci yang mempunyai maksud untuk menjelaskan berbagai macam makna kehidupan dan menjelaskan asal usul kehidupan dari alam semesta ini.

Apa itu islam? Agama Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Agama islam berpedoman pada Al-Quran dan Sunnah. Kata islām berasal dari bahasa Arab aslama - yuslimu dengan arti semantik sebagai berikut: tunduk dan patuh (khadha‘a wa istaslama), berserah diri, menyerahkan, memasrahkan (sallama), mengikuti (atba‘a), menunaikan, menyampaikan (addā), masuk dalam kedamaian, keselamatan, atau kemurnian (dakhala fi al-salm au al-silm au al-salām). Dari istilah-istilah lain yang akar katanya sama, “islām” berhubungan erat dengan makna keselamatan, kedamaian, dan kemurnian. Secara istilah, Islam bermakna penyerahan diri; ketundukan dan kepatuhan terhadap perintah Allah serta pasrah dan menerima dengan puas terhadap ketentuan dan hukum-hukum-Nya. Pengertian “berserah diri” dalam Islam kepada Tuhan bukanlah sebutan untuk paham fatalisme, melainkan sebagai kebalikan dari rasa berat hati dalam mengikuti ajaran agama dan lebih suka memilih jalan mudah dalam hidup. Seorang muslim mengikuti perintah Allah tanpa menentang atau mempertanyakannya, tetapi disertai usaha untuk memahami hikmahnya.
Islam berkembang di Arab setelah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapat wahyu sekitar 15 abad yang lalu, Tepatnya pada tanggal 17 Ramadan 13 tahun sebelum Hijriyah. Kemudian ajaran nya menyebar keseluruh belahan dunia termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri agama Islam merupakan mayoritas sehingga mencapai 87,18% dari total populasi orang Indonesia, dengan itu juga Indonesia dikatakan sebagai negara degan penduduk muslim terbesar di dunia.

Posting Komentar

0 Komentar