SKU Penegak Bantara (3) : Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik


Mengemukakan ide atau gagasan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Seorang anggota pramuka harus mampu untuk mengemukakan gagasannya dalam berorganisasi. Oleh karena itu, pada kajian kali ini kita akan membahas SKU Penegak Bantara point ke-3 yaitu dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik.

PENCAPAIAN PENGISIAN SKU :
  • Memahami Tata tertib berdiskusi
  • Turut aktif dalam suatu proses diskusi 

PEMBAHASAN MATERI :
Diskusi adalah suatu interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau secara berkelompok dimana tujuannya untuk membahas suatu tema atau topik tertentu sehingga menghasilkan suatu kesepakatan pendapat. Pendapat lain mengatakan pengertian diskusi adalah proses pertukaran pikiran, gagasan, dan pendapat, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, untuk mendapatkan suatu kesimpulan atau kesepakatan bersama.

Dalam kegiatan diskusi terdapat beberapa unsur penting. Mengacu pada pengertian diskusi, adapun beberapa unsur diskusi adalah sebagai berikut:
  1. Unsur Manusia; yaitu pihak-pihak yang melaksanakan kegiatan diskusi, seperti moderator, penyaji/ narasumber, pembicara, notulen, dan peserta diskusi.
  2. Unsur Materi Diskusi; yaitu hal-hal yang berhubungan dengan topik atau tema diskusi, serta tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan diskusi tersebut.
  3. Unsur Fasilitas Diskusi; yaitu semua hal yang dapat membantu kegiatan diskusi, seperti tempat/ ruangan, meja, kursi, kertas, dan lain sebagainya.

Agar diskusi berjalan dengan baik, haruslah terdapat aturan atau tata tertib yang disepakati bersama. Berikut adalah delapan tata tertib diskusi yang harus diperhatikan.
  1. Terbuka. Semua pihak yang terlibat siap/rela memberi dan menerima informasi kepada siapa pun.
  2. Berpartisipasi. Tiap peserta harus berpartisipasi penuh. Tiap peserta mengambil bagian dalam proses diskusi,masing-masing menjadi pendengar dan pembicara yang baik.
  3. Terkontrol. Selalu ada bimbingan dan kontrol. Ketua atau moderator senantiasa mengadakan bimbingan dan pengawasan/kontrol agar diskusi tetap berjalan pada arahnya.
  4. Sopan. Penyampaian pertanyaan atau pernyataan harus dengan bahasa dan sikap yang sopan atau baik.
  5. Tidak Emosional. Perdebatan harus didasarkan pada argumentasi kontra argumentasi bukan emosi kontra emosi. Diskusi yang akan mencari jalan penyelesaian atau kebenaran itu tidak didasarkan atas siapa yang kuat (fisik/suara) melainkan pada argumentasi yang baik dan benar.
  6. Kejelasan. Pengajuan pertanyaan harus jelas dan singkat. Pertanyaan sebaiknya tidak bertele-tele tetapi menuju sasaran.
  7. Demokratis. Tidak adanya pemborong atau monopoli. Diskusi yang baik adalah diskusi yang berlangsung dalam suasana demokratis semua pihak mempunyai hak yang sama baik dalam berbicara maupun didengarkan.
  8. Menyimpulkan. Selalu ada kesimpulan. Diskusi yang baik ialah diskusi yang mampu mencapai keputusan bersama sehingga semua pihak merasa puas dan tidak mengambang. Hal tersebut dilakukan guna menghasilkan kesimpulan yang memuaskan semua pihak.

Posting Komentar

0 Komentar