SKU Penegak Bantara (2) : Berani menyampaikan kritik dan saran dengan sopan dan santun kepada sesama teman


Pengembangan emosional adalah pengembangan yang berkaitan dengan perasaan dan bagaimana cara mengungkapkan emosi. Sikap dan perilaku seseorang mencerminkan keseimbangan dan kematangan emosi dalam mencapai dan memelihara kebebasan diri. Emosi dan perasaan merupakan bagian dari kehidupan yang membantu pembentukan pribadi seseorang. Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji point dalam aspek emosional Pramuka yaitu point ke-2 Berani menyampaikan kritik dan saran dengan sopan dan santun kepada sesama teman. 

PENCAPAIAN PENGISIAN SKU :
  • Berani mengemukakan saran dengan sopan dan santun, tanpa menyinggung teman
  • Dapat mengungkapkan alasan 
  • Dapat memilih kata-kata yang tidak menyinggung temannya 
  • Tahu waktu yang tepat untuk menyampaikan kritikan 
  • Dapat membaca perasaan teman 

PEMBAHASAN MATERI :
Kritik menurut KBBI adalah  kecaman atau tanggan yang kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruknya terhadap suatu karya, pendapat dan sebagainya. Setiap orang tentu memiliki sebuah pandangan terhadap sesuatu, untuk mengungkapnya maka perlu adanya sebuah kritik untuk mengomentari sebuah karya, pendapat ataupun lainnya. Untuk melakukan sebuah kritik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :
  1. Kritikan harus berdasarkan ilmu, artinya kritikan tersebut harus mengandung fakta yang nyata adanya.
  2. Kritikan harus bersifat adil, artinya kritikan tidak boleh memihak salah satu pihak atau dengan sengaja mencari kesalahan orang lain yang tidak sepihak dengan kita.
  3. Kritikan harus kritis, artinya kritikan harus tepat pada sasaran, tidak mengarah ke hal-hal lain yang bersifat menjatuhkan.
  4. Kritikan harus santun, artinya di dalam mengkritik, gunakan bahasa yang baik adanya.
  5. Kritikan tidak boleh berdasar kepada sesuatu yang tidak bersyarat, artinya kritikan harus memiliki alasan, dalil mengapa kritikan itu ada.
  6. Kritikan bersifat menasehati, artinya dengan kritikan, orang lain akan dapat mencapai pekerjaan yang lebih baik lagi.

Memang, kritikan itu diperlukan untuk mencapai kesuksesan, tetapi yang dibutuhkan adalah kritik yang membangun

Adapun cara-cara mengkritik yang baik adalah sebagai berikut,
  1. Kritik disampaikan memperbaiki pendapat atau perilaku seseorang dan bukan atas didasarkan atas kebencian seseorang.
  2. Sertakan alasan dengan bukti-bukti yang kuat agar yang di kritik tersebut dapat menerimanya serta mengetahui apa kesalahannya.
  3. Berbicaralah dengan efektif, agar apa yang disampaikan oleh pengkritik dapat tersampaikan kepada yang dikritik.
  4. Pilihlah kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain, oleh karena itu carilah kata-kata yang sopan dan dan bijaksana tetapi tidak mengurangi esensi dari kritik tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar