SKU Penegak Bantara (13.1) : Jam


Alam terbuka merupakan tempat bermain dan belajarnya Pramuka, di tempat tersebut kita akan menemukan banyak hal yang dilakukan oleh seorang Pramuka untuk membangun diri. Salah satu latihan yang dapat kita lakukan adalah dengan menentukan arah mata angin. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini kita akan membahas SKU Penegak Bantara poin ke 13 yaitu dapat menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan. 

PENCAPAIAN PENGISIAN SKU :
  • Memperkirakan waktu tanpa melihat jam
  • Menjelaskan bagian-bagian dari kompas, azimuth dan back azimuth, resection dan intersection 
  • Membaca dan membuat tanda jejak dan tanda alam serta membuat peta perjalanannya

PEMBAHASAN MATERI :

A. JAM
Jam merupakan unit waktu lama jam dalam satu hari adalah 24 jam, satu jam sama dengan 60 menit dan 1 menit sama dengan 60 detik. Sehingga jika akumulasikan maka dalam satu jam terdapat 3600 detik. Jam digunakan untuk mengukur waktu, dan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. 

1. Cara Menentukan Arah Menggunakan Jam
Menentukan suatu target atau arah dengan menggunakan arah jarum jam adalah sistem yang dulu sering digunakan di Polandia. Pengetahuan ini biasanya digunakan dalam dunia kemiliteran, pramuka, kegiatan pecinta alam dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan aktivitas di alam terbuka.

Caranya adalah dengan memetakan arahmu sesuai dengan arah jarum jam, dimana arah jam 12 adalah arah tepat di depan atau dengan kata lain anda meletakkan diri anda seolah-olah anda adalah titik tengah jarum jam dan target berada di posisi jarum jam menunjuk.
Contoh, bila anda mengatakan “target arah jam 8” berarti target ada di belakang anda dan sedikit ke sebelah kiri. bayangkan saja arah jarum jam 8 di benak anda, lalu ikuti arahnya.

Bila yang menyatakan arah adalah orang lain, maka patokannya adalah arah depan dari orang tersebut…
Arah jam itu sesuai dengan arah kita menghadap. misal aja sekarang kita menghadap utara maka arah jam 12 itu ya arah utara depan kita, kalo arah jam 6 nya berarti belakang kita atau arah selatan.

bayangkan kamu sedang melihat jam tanganmu dan tengoklah jam 12 arahnya pasti lurus ke depan. kalau arah jam 6 itu sama dengan arah belakang mu, arah jam 9 sama dengan kiri-mu dan arah jam 3 itu sebelah kananmu…
Dan arah-arah lainnya sesuai dengan posisi target dimana dia berada yang disamakan seolah-olah sama dengan arah jarum jam.

2. Memperkirakan waktu tanpa menggunakan Jam
Untuk dapat menentukan waktu tanpa menggunakan jam, seorang pramuka dapat berpedoman dengan matahari dan keberadaan bintang. Penggunaan matahari sebagai penanda waktu ini juga kerap dipakai dalam penentuan masuknya waktu sholat. Berikut beberapa hal pokok yang dapat dijadikan pedoman dalam menentukan waktu atau jam berdasarkan matahari.
  • Terbitnya fajar yang ditandai dengan adanya sinar merah di langit sebelah timur yang cahayanya sudah semakin merata di langit. Ini merupakan waktu shalat subuh yang biasanya menunjukkan waktu antara jam 04.00 - 04.30.
  • Terbitnya matahari. Menunjukkan waktu sekitar jam 05.00 - 05.30.
  • Panjang bayangan sama dengan bendanya pada pagi hari. Ini menunjukkan waktu sekitar jam 09.00
  • Tengah hari yang ditandai dengan bayangan sebuah benda yang tegak lurus akan menghilang, tepat di bawah benda, atau statis tidak memanjang / memendek hingga beberapa saat. Ini menunjukkan waktu sekitar jam 11.30 - 12.00.
  • Panjang bayangan sama dengan bendanya pada sore hari. Ini menunjukkan waktu shalat ashar yang biasanya menunjukkan waktu antara jam 14.45 - 15.15
  • Terbenamnya matahari yang ditandai dengan dengan warna kemerah-merahan di langit. Ini menunjukkan waktu shalat maghrib atau waktu antara jam 17.30 - 18.00
  • Hilangnya warna kemerah-merahan di langit saat sore hari. Ini menunjukkan waktu shalat isyak atau waktu sekitar jam 19.00

Ketentuan-ketentuan di atas hanya kira-kira saja. Di daerah lain bisa jadi memiliki sedikit selisih. Pun antara satu bulan dengan bulan lainnya (dalam satu tahun) pun akan mengalami selisih waktu. Sehingga dibutuhkan pengamatan langsung dan pembiasaan.

Termasuk dalam menentukan berapa lama waktu yang berjalan. Dibutuhkan berulang kali latihan dan pembiasaan agar dapat memperkirakan lamanya waktu yang tengah berjalan. Latihan bisa dimulai dengan mengukur waktu yang paling pendek semisal satu menit, lima menit, dan lima belas menit. Kemudian ditingkatkan untuk berlatih lamanya waktu selama setengah jam atau satu jam.


Untuk materi selanjutnya, yaitu tentang kompas. Akan dibahas di postingan selanjutnya....

Posting Komentar

0 Komentar