SKU Penegak Bantara (5) : Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan


Sesuai dengan dasa darma pramuka poin ke-6 Rajin Terampil dan Gembira. Dalam hal ini, salah satu hal yang mencerminkan seorang Pramuka adalah harus rajin hadir dalam pertemuan-pertemuan ambalan baik itu rapat-rapat maupun latihan Pramuka. dalam pembahasan kali ini kita akan membahas SKU Penegak Bantara poin ke-5 yaitu Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali. 

PEMBAHASAN MATERI :
Sebenarnya pada poin ini kita tidak perlu memabahasnya secara khusus, tetapi sebagai seorang anggota pramuka perlu memehami tentang apa itu ambalan dan pertemuan ambalan. Ambalan adalah wadah pembinaan pramuka penegak di gugus depan. Diambalan inilah pramuka penegak diberikan informasi secara lengkap tentang organisasi gerakan pramuka,pelatihan,gladi,uji kecakapan,hingga management bermusyawarah untuk bekal diri. Diambalan seorang penegak diberikan kesempatan untuk mengelola satuannya dengan bimbingan orang dewasa. Ambalan itu sendiri terdiri dari 4 sangga, paling banyak terdiri Dari 32 anggota. Ambalan berasal Dari bahasa jawa yaitu ambal ambal, yaitu bagian dari atap rumah.

Pertemuan Ambalan merupakan suatu kegiatan rutin dalam kepramukaan. Ambalan biasanya melakukan pertemuan rutin sepekan sekali dengan melakukan aktivitas latihan sesuai dengan program yang disusun Dewan Ambalan Penegak. Sebagai anggota, wajib mengikuti program latihan dengan sungguh-sungguh. Apabila tidak dapat mengikuti latihan pada hari itu karena sesuatu hal maka berilah kabar kepada pemimpin Sangga dan anggota lain. Saat pertemuan dewan ambalan harus memperhatikan hal-hal tersebut :
  1. Daftar hadir latihan
  2. Daftar hadir sangga
  3. Agenda kegiatan
  4. Perlengkapan Latihan (Tongkat, tambang, bendera, untuk dibentuk menjadi pionering).
Adapun agenda kegiatan saat melakukan pertemuan adalah :
  1. Upabuklat (Upacara pembukaan latihan)
  2. Ice Breaking (permainan atau yel-yel)
  3. Kegiatan inti (dapat berupa materi-materi kepramukaan atau kegiatan lain seperti olahraga, diskusi, menguji SKU dan lainnya)
  4. Evaluasi (dapat berupa lomba, atau permainan)
  5. Refleksi (Setiap sangga dapat menyimpulkan hasil latihannya)
  6. Upatuplat (Upacara penutupan latihan)

Posting Komentar

0 Komentar